Searching...
Monday 27 June 2011

Cara Memperkuat Pertahanan Windows

11:03
Buat sobat warpsite sekalian saya akan men share pengetahuan ini tetang cara memproteksi Komputer secara manual dari ancaman virus, memang masih ada kelemahanya sich kalo tanpa antivirus. Tapi akan menjadi super protection jika kita gunakan beserta antivirus handal seperti layaknya avira,avg,kaspersky,dll. Sebelumnya tips ini sangat berguna bagi komputer, laptop, atau apapun lah...  Ok Dari pada kita bertanya tanya tentang Cara memperkuat pertahanan Windows, atau OS lain. mari kita langsung ke pokok permasalahan 


 
Melindungi Komputer Secara Manual dari Serangan Virus (Windows)???

Mendengar frasa virus komputer, cenderung kita akan kesal, dari melambatnya kinerja OS kita, hingga hilangnya data-data kita yang sangat berharga. Jauh sebelumnya, ketika virus brontok.exe menyebar luas dan varian-varian trojan yang tidak mampu dibasmi oleh antivirus konvensional (sistem restore Windows tidak bisa berfungsi), maka saya hanya memformat ulang OS saya. Dan media yang paling banyak berkontribusi dlaam penyebaran virus adalah flash disk, disamping cd atau internet.
Sebenarnya, ada banyak cara untuk melindungi komputer kita dari serangan virus yang saling melengkapi. Tool yang paling sering adalah program antivirus. Saya sendiri menggunakan McAfee, dan mau tidak mau harus rutin melakukan update (minimal 1 minggu sekali). Tentu saja, dengan adanya program antivirus tidak menjamin komputer kita aman dari virus-virus yang selalu tumbuh dan berkembang. Terlebih, program antivirus belum sempat kita update.
Selain program antivirus, saya juga memperkuat sistem pertahanan komputer saya dari kemungkinan terinfeksi virus. Jika hanya kita sendiri yang menggunakan Personal Computer (PC) atau notebook (NB), maka kita sebenarnya mampu menjadi operator antivirus secara manual. Namun demikian, jika PC atau NB kita digunakan secara bersama oleh beberapa orang, maka kita dapat memberi informasi dan saling menjaga agar PC/NB bebas dari infeksi virus.
Berikut, ada tiga “tembok perlindungan” yang mampu meminimalisasi penyebaran virus di PC/NB Anda (khusus untuk OS Windows 2000 up):
1. Matikan (Turn off) Autoplay
Dengan mematikan autoplay (menjalankan media data secara otomatis), maka PC/NB tidak akan menginstall atau menjalankan file atau aplikasi yang terinfeksi virus. (kecuali Anda mengklik file bervirus) Caranya:
  1. Kliklah Start Windows
  2. Klik Run
  3. Ketiklah gpedit.msc pada Run, dan tekan enter atau OK [gpedit untuk mengedit sejumlah perintah atau policy dalam sistem OS kita]
  4. Maka akan muncul tampilan Group Policy
  5. Klik Adminstrative Template (Computer Configuration)
  6. Pilihlah System
  7. Lalu, kliklah Turn off Autoplay
  8. Pilihlan Enabled dan All Drives pada Turn off Autoplay on
  9. Klik OK.
  10. Setelah itu ulangi langkah yang sama dengan langkah ke-5, namun pilihan kita sekarang adalah Administrative Template untuk User Configuration.
  11. Pilihlah submenu Systems
  12. Lalu, kliklah Turn off Autoplay
  13. Pilihlan Enabled dan All Drives pada Turn off Autoplay on
  14. Klik OK.
2. Pengontrolan Manual : Show Extension File, Hidden File, dan Hide Protected OS Files (optional)
Langkah kedua adalah mengaktifkan pilihan menu file untuk menunjukkan jenis ekstensi file, file tersembunyi dan file yang dilindungi Windows (pilihan saja). Dengan syarat Anda mengerti tentang jenis-jenis file yang “sehat” dan ‘berbahaya”, maka kita dapat menjadi “antivirus” secara manual. Maka Anda akan mudah mengantisipasi sekaligus menghapus (mendelete) file-file yang berbentuk virus. Dan umumnya adalah file-file aneh yang berektensi .exe (executable file), dan umumnya adalah file-file yang tersembunyi. Jadi, jika ada flash disk yang masuk ke PC/NB, silahkan cek apakah ada file-file /exe yang “aneh”. Jika anda menemukanya, sebaiknya di delete dan jangan pernah diklik, kecuali file .exe adalah installer.
Langkah-langkahnya:
  1. Klik My Computer
  2. Bagian atas toolbar, pilih Tools >> Folder Options
  3. Dari submenu folder option, pilihlah  View
  4. Dari kotak view, scroll ke bawah dan pastikan/pilih:
    • Hidden Files dan Folders >> Pilihlah Show Hidden Files dan Folders
    • Hilangkan tanda check list untuk : Hide Extentions for known file types
    • (Optional) Hilangkan tanda check list untuk : Hide protected operating systems file (Recommended)
  5. Terakhir kliklah Applydan/ atau OK.
Berikut file-file umum (jarang terinfeksi) yang relatif bersih dari infeksi virus : .doc (dokumen Word), .pdf (file acrobat), .mp3 (lagu), .xls (dokumen Excel), video (.avi, .avi, .flv), .cdr, .ppt, .ps, .wav dan masih banyak lagi.
Sebenarnya, dengan menonaktifkan autorun, PC/NB sudah lebih aman dari biasanya.


Sekian artikel saya kali ini semoga bermanfaat.
NB : Bagi yang mw copas artikel saya kali ini silahkan saja jangan lupa sertakan link sumber
www.warpsite.blogspot.com





Share
Read More Intresting Article`s:
Share This Article :

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih kunjungan agan.
Blog ini adalah dofollow blog jadi dengan berkomentar saja maka agan akan mendapatkan backink gratis dari blog saya.

Silahkan berkomentar...

Tapi ingat tata cara berkomentar.
1. Gunakan kata kata yang sopan,
2. Jangan merusak nama baik orang lain
3. Dalam pengcopyan artikel jika berkenan silakan tampilkan link sumber.

semoga bermanfaat.