Searching...
Monday 27 June 2011

Cara Memperbaiki Layar yang bergetar di windows 7

11:29
Kenapa Layar LCD Laptop Windows 7 Saya Bergetar?
Pertanyaan itu muncul dari pengunjung Warpsite yang dilayangkan lewat eMail. Karena belum jelas dengan pertayaan yang dia ajukan, maka saya coba untuk mengundangnya “ngobrol” via Foxing untuk mengetahui masalah yang sedang dia hadapi.

Ternyata masalah yang dia hadapi sama seperti yang pernah saya alami sendiri dengan notebook Lenovo g450 menggunakan operating system windows 7 professional. Layar notebook terus bergetar ketika sedang digunakan, terutama ketika menggunakannya untuk browsing dan menjalankan animasi java script di web browser Firefox.
Sedikit Cerita
Ketika baru pertama kali membeli notebook, saya menginstall dual operating sytem yaitu Windows XP dan Windows 7 dan semuanya berjalan lancar. Yang bermasalah adalah ketika browsing menggunakan Firefox pada windows 7, layar menjadi bergetar. Sempat panik juga karena selama ini belum pernah mengalami masalah yang seperti itu.


Setelah sedikit menganalisa, saya merasa ada kesalahan pada driver VGA dan mencoba mencari driver VGA yang (Mungkin) lebih stabil. Ternyata, hasilnya sama saja dan layar masih bergetar saat menggunakannya untuk browsing.
Setelah beberapa waktu, dengan bekal dual bootung yang sudah saya install, mencoba menggunakan Windows XP untuk browsing. Alhasil, tidak ada masalah dan layar LCD tidak pernah bergetar. Saat itu, saya mengambil kesimpulan kalau Windows 7-nya yang bermasalah.
Setelah melalui beberapa proses lagi (Kalau diceritakan bakal panjang dan lama), kesimpulan yang bisa diambil:
  • Layar bergetar terjadi karena adanya masalah pada driver VGA yang tingkat kompatibilitasnya belum terintegrasi sempurna dengan Windows 7 (Asumsi ini diambil karena pada Windows XP tidak mengalami masalah).
  • Jenis VGA yang terdapat pada notebook adalah integrated VGA, bukan super VGA dengan chipset berkualitas seperti NVidia, ATi Radeon atau yang sejenis (Seperti punya saya sendiri, integrated onboard Intel VGA membuat layar notebook menjadi bergetar).

Lalu bagaimana solusinya agar LCD layar tidak bergetar lagi?
  • Beralihlah ke Windows XP (Dengan catatan driver VGA notebook tersedia dan kompatibilitasnya memang sudah tidak perlu diragukan).
  • Saat layar bergetar, coba “Minimize” semua program yang anda buka dan kemudian “Maximize” lagi ke posisi semula (Seperti yang biasa saya lakukan ketika menggunakan Windows 7 pada CQ42-207TU).
Sampai saat ini, hanya trik ini yang bisa membuat layar LCD pada notebook tidak bergetar lagi. Jika menemukan cara yang lebih sempurna, saya tidak akan ragu untuk sharing dengan anda semua.
Selamat mencoba!
Semoga Bermanfaat.
NB: Bagi sayang mw copas artikel saya kali ini silahkan saja jangan lupa menyertakan link sumber  www.warpsite.blogspot.com








Read More Intresting Article`s:
Share This Article :

4 comments:

  1. This will likely exhibit why Bowflex 552 dumbbells may very well be
    a good piece of residence exercise tools.

    Look at my blog post :: SITEMAP

    ReplyDelete
  2. makasih gan atas informasinya.... saya sangat tertolong........semoga semakin sukses

    ReplyDelete

Terima kasih kunjungan agan.
Blog ini adalah dofollow blog jadi dengan berkomentar saja maka agan akan mendapatkan backink gratis dari blog saya.

Silahkan berkomentar...

Tapi ingat tata cara berkomentar.
1. Gunakan kata kata yang sopan,
2. Jangan merusak nama baik orang lain
3. Dalam pengcopyan artikel jika berkenan silakan tampilkan link sumber.

semoga bermanfaat.